Warga Kelurahan Angke Ikuti Pelatihan Urban Farming


PEWARTA-TAMBORA.COM, Sebanyak 70 warga Kelurahan Angke, yang terdiri dari para Kader Dasa Wisma dan Pengurus TP PKK Kelurahan Angke, mengikuti Pelatihan Urban Farming (Pertanian Perkotaan) yang disampaikan oleh Fakultas Arsitektur Lanskap dan Teknologi Lingkungan (FALTL) Universitas Trisakti, di Aula Kantor Lurah Kelurahan Angke, Jalan Angke Indah Nomor 25, RT 001/01, Kelurahan Angke, Kecamatan Tambora, Kota Administrasi Jakarta Barat, pada Selasa pagi (27/8).

Sekretaris Kelurahan Angke, Anjas Umaryadi, dalam sambutannya saat membuka acara ini mengucapkan terima kasih kepada FALTL Universitas Trisakti yang telah melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di Kelurahan Angke.

"Semoga melalui kegiatan ini, para peserta, warga Kelurahan Angke, dapat terinspirasi untuk mengimplementasikan urban farming di lingkungan rumah masing-masing," harapnya.

Anjas menambahkan bahwa metode urban farming sangat penting untuk dilaksanakan di kawasan perkotaan seperti Kelurahan Angke karena keterbatasan lahan.

"Manfaat yang dapat dipetik dari implementasi urban farming, berupa budidaya tanaman sayuran, antara lain adalah warga dapat memperoleh sumber nutrisi penting, terutama bagi balita, dan mengurangi biaya belanja rumah tangga karena warga sudah bisa mengonsumsi hasil panen sendiri tanpa perlu membelinya," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Tim PKM Hibah BIMA FALTL Universitas Trisakti, Rositayanti menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangkaian Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Hibah BIMA, dengan judul "PKM Penerapan Green Teknologi Daur Ulang Air dan Bahan Pupuk pada Kelompok PKK Kelurahan Angke, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat."

Rosita menambahkan, rangkaian kegiatan ini berlangsung dari bulan Juli hingga November 2024.

"Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas lingkungan di Kelurahan Angke dengan melibatkan Kelompok PKK," ujarnya. 

Bertindak sebagai narasumber dalam pelatihan ini adalah Staf Pengajar Jurusan Arsitektur Lanskap FALTL Universitas Trisakti, Olivia Seanders, yang menyampaikan teknik budidaya sayuran di lahan terbatas. Selain mendapatkan pelatihan, peserta juga mendapatkan bibit tanaman dengan rincian sebanyak 3 pot untuk setiap RW dan 5 Pot untuk TP PKK Kelurahan Angke dengan jenis tanaman melati, cabe, dan kangkung.

Hadir dalam kegiatan ini antara lain Kasi Ekbang Kelurahan Angke, Fahmi Al Kadri; Babinsa Kelurahan Angke, Serma Mian; Staf Satgas Pol PP Kelurahan Angke, Ibrahim; serta Tim PKM Hibah BIMA yang terdiri dari Staf Pengajar dan Mahasiswa FALTL Universitas Trisakti. (Aizt)

Posting Komentar

0 Komentar

Terkini