Apa Itu FPK dan Tugas Utamanya, Ini Ulasannya


PEWARTA-TAMBORA.COM, JAKARTA—Forum Pembaruan Kebangsaan (FPK) adalah organisasi yang dibentuk di tingkat pusat dan daerah di Indonesia dengan tujuan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa di tengah keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

Menurut Anggota FPK tingkat Jakarta Barat Lutfi yang akrab di sapa Bang Vivi, tujuan umum FPK adalah, menjaring aspirasi masyarakat terkait pembauran kebangsaan menyelenggarakan forum dialog dengan pemuka adat, suku, masyarakat, dan pimpinan organisasi pembauran kebangsaan. 

-Menyelenggarakan sosialisasi kebijakan terkait pembauran kebangsaan. 

-Merumuskan rekomendasi kepada pimpinan wilayah untuk dijadikan bahan pertimbangan dalam penyusunan kebijakan pembauran kebangsaan. 

 -Memfasilitasi, membina, dan mengoordinasikan penyelenggaraan pembauran kebangsaan.


FPK merupakan wadah untuk komunikasi, konsultasi, informasi, dan kerja sama antara warga masyarakat, yang bertujuan untuk menumbuhkan, memantapkan, memelihara, dan mengembangkan pembauran kebangsaan. 

Pembauran kebangsaan adalah proses integrasi anggota masyarakat dari berbagai suku, ras, dan etnis melalui interaksi sosial. Interaksi sosial ini dilakukan dalam bidang bahasa, seni budaya, adat istiadat, pendidikan, dan perekonomian.

Sedangkan tugas utama FPK adalah :

-Memperkuat persatuan dan kesatuan. 

-Pencegahan konflik sosial. 

-Sosialisasi nilai nilai kebangsaan. 

-Mediasi konflik. 

-Pemberdayaan masyarakat. 

-Kerja sama dengan pihak terkait. 

Melalui berbagai kegiatan tersebut, FPK diharapkan dapat menjadi penghubung yang memfasilitasi dialog dan kerja sama antarwarga negara, terutama dalam menjaga harmoni di tengah keberagaman. [lth]

Editor: ys

Terkini